Rabu, April 02, 2008

Teka-teki Online

Semaleman saya iseng-iseng bikin game teka-teki online, tebak-tebakan, atau istilah londonya riddle game. Sebenarnya sudah banyak jenis permainan seperti ini. Yang berbahasa Indonesia, setahu saya saja ada tktq.net, tapi setelah saya coba berulang-ulang buka situsnya, tetep aja gak bisa di akses.

Ide bikin teka-teki ini datang begitu saja, gara-gara capek main riddle game di sela-sela main escape-room-game, mahjong, dan sudoku.

Untuk episode pertama, the Ahad, tidak terlalu banyak level dan jenis teka-tekinya masih biasa-biasa aja. Bagi yang sudah pernah main tktq.net atau yang lainnya (kalau gak salah dulu ada godtower, tapi pake flash), game ini mungkin termasuk kategori mudah.

Kalau ada waktu suntuk lainnya, mungkin akan saya buat episode-episode lain. Entah ada yang berminat atau tidak :(

Riddle Game

The Ahad - Detective: Online riddle game

Seperti game teka-teki online lainnya, Detektif - Ahad menampilkan sebuah soal atau tebakan yang ringkas dan tidak bertele-tele. Namun, berdasarkan pengalaman pertama, perlu waktu lama juga untuk menemukan sebuah jawaban.

Ada banyak cara untuk menemukan jawaban. Setiap riddle pasti ada petunjuknya. Hanya saja petunjuknya ini terkadang “tidak kasat mata”. Jadi perlu ketelitian yang lebih, bisa dengan cara mempelajari dan merenungkan kata-kata yang tampil di halaman riddle, dengan membuka source code HTML, atau minta bantuan paman Google.

Banyak juga yang menyerah, namun permainan belum berakhir. Cari di internet hint atau walktrough dari game tersebut. Tapi kalau soalnya masih relatif baru, susyah juga nemukan jawaban yang sudah mateng.

Alternatif lainnya, ngobrol di forum untuk sharing jawaban atau melakukan analisa sebuah riddle bersama-sama. Saat-saat seperti ini yang menurut saya paling seru. Terkadang ada orang yang berpikir out-of-the-box, hal yang semula tidak kita bayangkan. Namun, out-of-the-box belum tentu menjadi solusi. Berpikir sederhana bisa jadi solusi yang manjur.

gamenya orang yang suka mikir.

Tidak ada komentar:

My Posting

Pendapat Teman2 tentang Saya

ARCHIVES